Teknik Memasang Wallpaper Ruang Tamu Dalam Waktu Singkat

Wallpaper ruang tamu tersedia dalam beragam motif yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Selain selera, alangkah baiknya jika anda memilih wallpaper dengan menyesuaikan desain ruang tamu. Dengan begitu, ruang tamu tak hanya akan terkesan menarik saja, akan tetapi juga serasi. Dalam pemilihan wallpaper, anda juga harus memperhatikan warna, bahan dan jenisnya. Setelah anda menemukan wallpaper yang tepat, anda bisa langsung melakukan pemasangan. Instalasi wallpaper di ruang tamu cukup mudah sehingga bisa anda lakukan sendiri.

 

Cara Pasang Wallpaper Ruang Tamu

Untuk membantu anda mendapatkan tampilan ruang tamu yang lebih menarik, berikut kami bagikan cara pasang wallpaper ruang tamu selengkapnya.

Persiapan Alat

Setelah memilih wallpaper, anda bisa menyiapkan peralatan. Sebut saja meteran, cutter, benang dengan pemberat, penggaris, pensil, plastik sebagai alas, bak mengaduk lem (besar dan kecil), kuas lem, lem, roller, spons, kape untuk meratakan, amplas, tangga A dan mica/acrylic.

Persiapan Ruangan

Selain peralatan, anda juga harus menyiapkan ruangan. Dalam hal ini, pastikan semua furniture di ruang tamu telah dipindah ke ruangan lain agar tak mengganggu pemasangan wallpaper. Disamping itu, perhatikan dindingnya. Pastikan permukaan dinding rata, bersih, tak lembab, tidak berminyak dan tak berjamur. Jika mengalami masalah tersebut, anda bisa mengecatnya dulu dengan cat aquaproof. Sementara apabila ada lubang bekas paku atau mur, anda bisa menambalnya.

Pengukuran Dinding

Ukur bidang dinding yang akan anda gunakan setelah dibersihkan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghitung panjang, lebar dan tinggi permukaan dindingnya. Perhitungan ini dilakukan untuk bisa disesuaikan dengan lebar wallpaper yang akan dipasang.

Tentukan Titik Awal Dinding

Buat garis acuan dari atas ke bawah dengan pensil dari titik awal dinding yang anda tentukan. Pada wallpaper juga dilakukan dengan hal yang sama. Proses penentuan titik awal dilakukan seterusnya hingga seluruh bagian dinding ruang tamu memiliki titik acuan.

Siapkan Wallpaper

Dalam mempersiapkan wallpaper, anda harus memperhatikan jenis pelarut warnanya. Pelarut warna ini digunakan untuk menciptakan motif dan warna pada wallpaper. Setelah itu, anda lakukan pemotongan lembaran wallpaper yang disesuaikan dengan panjang, lebar dan tinggi dinding. Tambahkan beberapa cm ukuran pada bagian samping lembaran yang nantinya disambung. Kemudian gunakan benang yang diberi pemberat untuk mengantur posisi pemasangan wallpaper. Manfaatkan pula pensil untuk menandai jalurnya.

Gunakan Lem

Siapkan lem dengan memanfaatkan 2 bak. Satu bak berisi lem yang digunakan untuk menempel permukaan dinding, dan satunya lagi untuk lem sambungan ataupun tekukan. Sapukan lem dengan roler atau kuas secara merata supaya tak ada gelembung udara.

Pasang Wallpaper

Pasang wallpaper ruang tamu dengan bantuan tangga A. Ratakan dengan mika mengikuti tandanya. Kemudian lanjutkan dengan menyambung wallpaper sampai selesai. Jika sudah, anda bisa lakukan pengecekan dan perapihan. Bersihkan permukaan wallpaper menggunakan spons yang diberi air supaya sisa lem bisa dibersihkan. Lalu lap untuk mengeringkannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914