Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl Untuk Dekorasi Rumah Idaman

Memilih lantai yang tepat adalah salah satu hal yang penting dalam dekorasi rumah. Ya, dengan lantai yang tepat, maka rumah Anda tidak hanya akan terlihat indah namun juga nyaman untuk dihuni. Nah, salah satu pilihan yang tepat untuk lantai rumah adalah lantai vinyl. Kita akan membahas kelebihan dan kekurangan lantai vinyl ini terlebih dahulu.

Ya, dengan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari lantai vinyl tersebut maka tentu saja Anda tidak akan merasa salah untuk memilihnya. Selain itu, yang lebih penting adalah tidak akan ada penyesalan saat Anda memasang lantai vinyl di dalam rumah Anda.

Lantas, apa saja kelebihan serta kekurangan dari lantai vinyl tersebut? Simak ulasan di bawah ini!

 

Kelebihan Lantai Vinyl

Hal pertama yang perlu diketahui adalah kelebihan lantai vinyl. Ya, mengetahui kelebihan dari lantai vinyl bisa menjadi alasan kenapa Anda memilihnya. Adapun kelebihan dari jenis lantai ini adalah sebagai berikut:

     Memiliki tekstur halus

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang memiliki tekstur halus dibandingkan dengan jenis lantai lain. Hal ini dikarenakan adanya lapisan khusus pada lantai vinyl yang membuatnya menjadi lebih halus. Selain itu, lantai vinyl juga cenderung lembut di mana akan memberikan kesan nyaman yang berbeda.

     Banyak ragam warna

Warna menjadi unsur penting dalam lantai. Nah, lantai vinyl ini memiliki cukup banyak ragam warna yang sangat menarik. Adanya banyak warna tersebut akan membuat Anda bebas memilih warna lantai apa yang sesuai dengan konsep dekorasi rumah Anda.

     Tahan lama

Kelebihan lain dari lantai vinyl adalah jenis lantai ini termasuk yang tahan lama. Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, lantai vinyl dibuat dengan beragam campuran bahan. Para pakar mengatakan bahwa lantai vinyl bisa digunakan hingga kurun waktu 25 tahun lamanya.

     Tahan terhadap beragam kondisi cuaca

Hal menarik lain dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan lantai vinyl adalah bahwa lantai ini tahan terhadap segala kondisi cuaca. Dengan ketahanan nya ini bisa dipastikan bahwa lantai vinyl tidak mudah rusak.

 

Kekurangan Lantai Vinyl

Tentu, untuk pertimbangan memilih, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari lantai vinyl. Ada beberapa kekurangan lantai vinyl yang harus menjadi perhatian saat memilihnya. Adapun beberapa kekurangan dari lantai vinyl tersebut adalah sebagai berikut:

     Berbahan PVC

Perlu diketahui bahwa lantai vinyl dibuat dengan bahan dasar PVC. Ini adalah salah satu bahan yang bisa mengeluarkan VOC ke udara sehingga akan mencemari udara. Namun, dewasa ini produsen lantai vinyl mulai mengurangi penggunaan PVC dalam pembuatan lantai vinyl.

     Area bawah lantai vinyl harus kering

Saat pemasangan lantai vinyl, maka permukaan area di bawah lantai harus dipastikan kering terlebih dahulu. Kondisi ini akan berpengaruh pada rekat atau tidaknya lantai vinyl. Jika lantai basah, bisa dipastikan jika lantai vinyl tidak akan terpasang dengan baik.

     Rentan terhadap benda tajam

Hal lain yang menjadi kekurangan dari lantai vinyl adalah jenis lantai ini rentan terhadap benda tajam. Ya, hal ini cukup beralasan karena pada dasarnya lantai vinyl memiliki permukaan yang halus dan lembut. Karena rentan terhadap benda tajam, maka Anda harus berhati-hati saat memindahkan barang di atas lantai ini.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai ragam kelebihan dan kekurangan lantai vinyl. Dengan beberapa poin di atas, tentu Anda akan mendapatkan pertimbangan yang tepat saat hendak memilih lantai ini sehingga Anda merasa puas dengan pilihan tersebut dan tidak merasa rugi untuk membelinya. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914